Kelebihan Kekurangan Kanopi Kaca Tempered

Kelebihan Kekurangan Kanopi Kaca Tempered | Kanopi Kaca Tempered adalah sebuah atap kaca yang dipasang di kanopi rumah ataupun bangunan lain. Mungkin anda yang belum pernah melihatnya akan bertanya-tanya apakah keamanan dari kanopi yang menggunakan kaca tempered tersebut bisa dijamin atau tidak. Sebenarnya, kaca tempered yang digunakan pada kanopi sebuah bangunan telah mengalami berbagai proses uji coba sebelum bisa digunakan. Hal ini menjadikan kaca tempered pada kanopi benar-benar aman digunakan. Kekuatan yang dimilikinya pun jauh lebih besar daripada kaca biasa. Sebagian dari anda mungkin akan tertarik untuk mengaplikasikan jenis kanopi ini baik pada atap rumah ataupun bangunan lain yang anda miliki.

Kelebihan Kekurangan Kanopi Kaca Tempered Laminate

Kanopi Kaca Tempered merupakan kanopi kaca minimalis yang terbuat dari kaca float tempered. Kaca float merupakan kaca murni yang transparan dan juga dapat bersifat menghangatkan ruangan. Proses pembuatan kaca tempered dilakukan dengan memanaskan kaca float sampai suhu pemanasan sekitar 700 derajat celcius. Setelah itu, kaca float diambil dan didinginkan secara cepat menggunakan alat semprot pendingin hingga membeku membentuk kaca tempered yang tebal.

Semakin maraknya bangunan rumah minimalis menyebabkan banyak orang memasang kanopi kaca minimalis dengan elemen kaca tempered ataupun kaca laminated. Rumah minimalis memang sangat cocok untuk keluarga muda yang baru membangun rumah tangga. Walaupun terlihat kecil, bangunan rumah minimalis tetap memberikan kesan mewah dan modern. Penataan desain interior dan eksterior yang tepat malah bisa menambah nilai ekstetika rumah minimalis.

Kelebihan Kekurangan Kanopi Kaca

Banyak bangunan seperti gedung perkantoran, perumahan, ruko dan apartement yang memasang kanopi kaca tempered. Selain fungsi utama kanopi sebagai pelindung bangunan tersebut, pemasangan kanopi kaca tempered juga dapat membuat bangunan menjadi terlihat lebih indah dan menarik, apalagi memakai konsep yang sama dengan konsep rumah minimalis. 

| Baca Juga : Jasa Pembuatan Kanopi Kaca Tempered & Laminate

Desain Kanopi kaca tempered kini juga mulai ramai digunakan, karena terlihat lebih elegan dan modern jika dipadukan dengan model rumah minimalis. Kanopi kaca jenis ini mulai banyak diminati oleh konsumen karena lebih terang dari pada penggunaan bahan lain.  Sebelum ngebahas lebih jauh mengenai Kelebihan Kekurangan Kanopi Kaca Tempered, baiknya kita bahas dulu Jenis2 Kanopi Kaca:

Jenis Jenis Kanopi Kaca

1. Kanopi kaca untuk teras rumah

Kanopi kaca yang dipasang pada bagian depan bangunan sering ditemukan pada banguan-bangunan komersial. Pemasangan kanopi kaca dipilih untuk memperkuat konsep arsitektur bangunan yang bagian luarnya yang dipenuhi dengan kaca. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menerapkannya di bagian fasad rumah. Kanopi kaca bisa membuat tampilan rumah sederhanamu terlihat lebih elegan.

2. Kanopi kaca untuk halaman belakang

Halaman atau taman belakang rumah selalu menjadi tempat yang tepat untuk kumpul bersama sambil menikmati udara bebas. Dengan memasang kanopi kaca, suasana ngumpul bisa terasa semakin berkesan. Kanopi kaca pun tampilannya begitu fleksibel sehingga bisa membaur dengan berbagai gaya desain ruang terbuka.

3. Kanopi kaca untuk carport

Kanopi umumnya digunakan sabgai pelindung area parkir kendaraan atau (carport). Kanopi kaca juga bisa digunakan sebagai pelindung area ini. Agar panas dari sinar matahari tidak langsung mengenai kendaraan yang diparkir di bawah kanopi kaca, gunakan jenis kaca yang permukaannya berwarna buram.

4. Kanopi kaca untuk veranda

Jika kamu menginginkan privasi yang lebih saat menikmati keasrian taman di belakang rumahmu, kanopi kaca dapat digunakan untuk sebuah veranda tertutup. Dengan desain ruang terbuka yang dibuat tertutup ini kamu bisa mendapatkan ruangan ekstra di rumahmu sekaligus tetap bisa menikmati ruang terbuka dengan bebas tanpa merasa terisolasi.

5. Kanopi kaca sebagai penghubung dua bangunan yang terpisah

Dua bangunan yang terpisah bisa dibuat seolah terhubung dengan menggunakan kanopi kaca. Dengan adanya pelindung dari kanopi kaca, area ini tidak hanya berperan sebagai area transisi yang pasif, tapi bisa juga dimanfaatkan sebagai area aktif seperti ruang santai dan ruang meditasi.

| Baca Juga : Harga Kanopi Kaca Tempered

Beberapa Kelebihan Kekurangan Kanopi Kaca

Kanopi kaca tempered memiliki beberapa kelebihan, diantaranya yaitu: 

  • Lebih KuatProses pembuatannya membuat kaca tempered ini 3 sampai 5 kali lebih kuat dari kaca biasa. Kanopi kaca tempered lebih tahan terhadap benturan. Hal tersebut disebabkan karena proses tekanan suhu selama proses pembentukan kaca tempered sehingga kaca tempered lebih kuat. Selain itu, 
  • Lebih Tahan lamaKaca tempered lebih tahan pada perubahan suhu yang ekstreme. Kanopi kaca tempered tidak mudah terkena lumut. Perubahan cuaca yang cepat tidak akan menjadi masalah jika kanopi kaca minimalis jenis tempered ini. Jika Anda menggunakan kaca tempered ini dijamin akan lebih tahan lama.
  • Lebih AmanKanopi kaca tempered terbuat dari bahan yang lebih aman. Ketika atap ini pecah,bahan-bahan dalam kaca akan menumpul sehingga tidak akan melukai dan membahayakan keselamatan Anda. 

Selain beberapa kelebihan utama di atas, kaca tempered juga memiliki kelebihan lain. Bahannya yang terbuat dari kaca float yang berkualitas tinggi membuat kaca tempered ini juga berfungsi untuk menghangatkan ruangan dan berfungsi untuk menetralisir kebisingan.

Namun, kanopi kaca tempered ini juga memiliki kelemahan. Kaca tempered tidak dapat diproses ulang setelah proses pembentukannya. Hal tersebut membuat Anda harus menyesuaikan ukuran dari kaca tempered jika ingin mendesai dan mengaplikasikan kanopi kaca tempered ini pada bangunan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *