Perbandingan Kusen Aluminium dan Kayu

Perbandingan Kusen Aluminium dan Kayu – Kusen memiliki peran dan fungi penting pada sebuah bangunan rumah tinggal. Sebagai salah satu bagian kontruksi pada dinding bangunan, kusen berfungsi sebagai dudukan dan perletakan daun pintu, daun jendela, kaca dan juga teralis. Kusen juga turut berperan untuk menambah keindahan sebuah bangunan rumah tinggal. Ada 2 jenis material kusen yang banyak digunakan orang saat membangun rumah tinggal, yaitu kusen dari kayu dan kusen dari aluminium. Walau memiliki fungsi yang sama, namun kedua material kusen ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Jadi sebelum Anda memutuskan ingin memakai kusun kayu atau kusen aluminium, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis kusen tersebut.

Perbandingan Kusen Aluminium dan Kayu

Sekarang ini anda pasti sudah mengetahui pembuatan kusen, pintu dan jendela dengan bahan aluminium. Sudah banyak yang menggunakan kusen, pintu dan jendela dengan bahan pengganti kayu yang satu ini. Kusen kayu dan kusen aluminium sangatah berbeda. Kelebihan dan kekurangan dari kusen kayu dan kusen aluminium juga sangat jelas terlihat berbeda. Berikut ini adalah Perbandingan Kusen Aluminium dan Kayu dalam kelebihan dan kekurangannya.

Perbandingan Kusen Aluminium dan Kayu

KUSEN ALUMINIUM

Kusen Pintu lipat Aluminium

Kelebihan Kusen Aluminium

  • Kelebihan dari kusen aluminium yang paling utama dari kusen kayu adalah anti rayap dan kropos walaupun di tempatkan pada tempat yang lembeb seperti kamar mandi. Rayap hanya akan datang pada kusen kayu saja.
  • Kusen aluminium juga sangat ringan, sehingga memudahkannya untuk dipindahkan dari satu tempat ketmpat lain.
  • Kusen aluminium lebih murah jika dibandingkan dengan kusen kayu, dengan menggunakan kusen aluminium anda akan sedikit mengeluarkan atau hemat biaya.
  • Kelebihan lainnya, kusen aluminium juga tahan terhadap cuaca. Di Indonesia sering sekali terjadi perubahan cuaca dan suhu, tetapi dengan menggunakan kuen aluminium anda tidak perlu khawatir karena kusen aluminium tahan terhadap cuaca yang berubah – ubah.
  • Selain itu cara merawat kusen aluminium juga sangat mudah
  • Kusen aluminium adalah kusen yang memiliki ketahan yang lama
  • Dan kusen aluminium juga mempunya warna yang menarik tanpa harus memberikan pewarna khusus.

Kekurangan Kusen Aluminium

  • Dalam kelebihan pastinya ada kekurangan, kekurangan dari kusen aluminium adalah bentu kusen aluminium yang terbatas atau kurang variatif.
  • Diperlukan keterampilan dan keteliatan dalam memasang dan membuat kusen aluminium. Kusen alumunium harus dipasang dengan mengandalkan kekuatan sekrup yang ditanam di dalam tembok yang sudah diplester. Ketepatan dan kehatia-hatian sangat diperlukan saat memasang kusen aluminium.

KUSEN KAYU

Kusen Kayu Minimalis

Kelebihan Kusen Kayu

  • Variasi bentuk kusen kayu yang sangat banyak atau beragam, mudah dibentuk sesuai desain rumah.
  • Memiliki tampilan yang terlihat lebih natural
  • Material kayu lebih kuat dibandingkan dengan kusen aluminium.

Kekurangan Kusen Kayu

  • Kusen kayu sangat mudah terserang oleh rayap dan mudah keropos.
  • Harga kusen kayu pastinya lebih mahal dibandingkan dengan kusen aluminium
  • Kusen kayu sedikit lebih berat, karena itu kusen kayu sulit untuk dipindahkan
  • Merawat kusen kayu juga sedikit lebih sulit dibandingkan dengan kusen aluminium.

Kemudian, saat ini pasti masih timbul pertanyaan di benak Anda

Pilih yang mana ya?

Mari melihat kembali kebutuhan atau konsep desain rumah Anda. Apa hal yang mendesak atau menjadi kebutuhan prioritas di rumah saat ini?

Pilih Yang Awet?

Jika Anda memprioritaskan ketahanan atau produk yang awet, maka Anda bisa pilih kusen alumunium. Di mana tentunya Anda juga harus mempersiapkan pemasangan yang benar-benar sesuai standar (seperti sekilas yang kami sebutkan di atas).

Desain Impian?

Namun, lain halnya jika Anda ingin lebih membuat rumah Anda lebih artistik,lebih indah dengan konsep yang sudah direncanakan. Maka pemilihan kusen kayu adalah pilihan utama sehingga desain impian Anda dan keluarga bisa terwujud.

Terkait hal ini, persiapkan konsep desain secara matang sehingga pemilihan jenis kayu, warna, atau tambahan ukiran bisa diaplikasikan nantinya.

Jangan lupa dengan perawatannya

Selain itu, Anda juga sudah harus mempersiapkan diri untuk perawatan berkala agar  kusen kayu yang telah dirancang dengan desain khusus itu tidak cepat usang dan rusak karena kurangnya perawatan.

Harga Ekonomis?

Mempertimbangkan harga adalah hal yang wajar, karena kebutuhan rumah tangga tidak hanya untuk renovasi rumah.

Sehingga memilih bahan kusen alumunium yang lebih ekonomis dengan tetap mengedepankan fungsi, juga akan mendatangkan kenyamanan dan kebahagiaan bagi seisi rumah.

Diskusikan kembali dengan suami atau istri Anda, agar selaras dengan tujuan bersama. Semoga ini dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan. Jadi, pilih kusen kayu atau kusen alumunium? | Baca Juga : Harga Kusen Aluminium Permeter

Selamat memilih.

Demikian pembahasan kali ini yang Arthome.co.id sajikan kali ini mengenai Perbandingan Kusen Aluminium dan Kayu, semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *