Jenis Kanopi Kaca Minimalis Dengan Keunggulannya

Jenis Kanopi Kaca Minimalis Dengan Keunggulannya | Curah hujan yang terbilang tinggi dan sinar matahari berlebih adalah dua hal yang menjadi kendala dalam memanfaatkan keberadaan ruang terbuka pada rumah tinggal di kawasan tropis. Kondisi ini membuat banyak pemilik rumah memutuskan untuk menutup bagian depan rumah dengan kanopi agar fungsinya tetap bisa dimaksimalkan. Namun, bahan kanopi yang cenderung tertutup membuat ruang terbuka tak bisa dinikmati sepenuhnya, karena pemandangan langit yang terhalang oleh atap kanopi.

Agar tetap bisa memperoleh fungsi halaman luar rumah atau ruang terbuka dengan maksimal, coba ganti atap kanopi biasa Anda dengan bahan kaca / Canopy Glass. Tak hanya mampu melindungi Anda dari guyuran hujan dan paparan sinar matahari, menggunakan kaca sebagai bahan kanopi juga membuat Anda bisa menikmati pemandangan teras luar dengan lebih sempurna.

Jenis Kanopi Kaca Minimalis

Mengapa Menggunakan Kanopi Berbahan Kaca?

Sifat kaca yang transparan akan membuat pandangan Anda seperti tidak terbatas dengan langit. Ruang terbuka pun akan lebih terlihat rapi dan stylish. Belum lagi jika cuaca sedang amat baik, tentu menghabiskan waktu di teras rumah atau ruang terbuka lainnya pun akan semakin menyenangkan.

Tidak banyak orang yang tahu bahwa untuk menciptakan kesan hunian yang baik dan sehat, pencahayaan alami juga menjadi hal yang patut diperhatikan. Tidak harus dengan memperbanyak jendela, Anda juga bisa menyiasatinya dengan menggunakan kanopi kaca sebagai atap untuk ruang terbuka. Dengan begitu, rumah pun akan mendapatkan pencahayaan alami yang cukup. Berikut ini beberapa Jenis Kanopi Kaca Minimalis dan beberapa diantara keunggulannya :

Keunggulan Menggunakan Kanopi Kaca Minimalis untuk Atap Ruang Terbuka

Lalu, apa saja keunggulan dari memakai kanopi kaca untuk mempercantik ruang terbuka di rumah Anda? Berikut beberapa di antaranya:

Bersifat Fleksibel dan Cocok Diaplikasikan pada Berbagai Model Ruang Terbuka

Tidak hanya teras, halaman belakang juga merupakan tempat terbuka lainnya yang paling sering Anda kunjungi saat sedang berkumpul dan bersantai bersama keluarga. Inilah keunggulan pertama menggunakan kanopi kaca. Bahan ini bersifat fleksibel, sehingga bisa Anda aplikasikan pada berbagai desain dan model ruang terbuka.

Lebih Kuat dan Berdaya Tahan Tinggi

Kaca tersusun dari material berupa fiber glass, yang membuat bahan satu ini begitu kuat dan tahan lama. Bahan kaca juga aman digunakan untuk kanopi karena tidak mudah pecah. Namun, pastikan Anda telah melakukan pengukuran yang tepat, karena bahan kaca justru menjadi sangat rentan pecah jika tidak diukur dengan baik. Perhatikan pula cara pemasangannya dan gunakan tukang bangunan yang telah berpengalaman dalam memasang kanopi kaca.

Bersifat Multifungsi

Ternyata, penggunaan kanopi kaca untuk ruang terbuka tak hanya sebatas pada teras depan maupun halaman belakang rumah. Jenis Kanopi Kaca Minimalis juga bisa Anda gunakan sebagai interior rumah untuk menghubungkan dua bangunan yang terpisah, misalnya antara carport dan bangunan utama. Dengan begitu Anda tak hanya memiliki dua ruang terbuka yang bisa digunakan untuk bersantai, tetapi lebih dari itu.

Pada beberapa rumah yang memadukan desain klasik dan modern, biasanya akan ditambahkan sebuah veranda dengan model tertutup. Kanopi kaca juga bisa Anda manfaatkan sebagai dinding veranda, sehingga saat memasukinya, Anda seperti sedang berada di luar rumah.

Jenis Kanopi Minimalis Untuk Rumah Anda

1. Kanopi Kaca Asli

 Jenis Kanopi Kaca Minimalis

 Kanopi kaca kali ini merupakan kanopi kaca pada umumnya. Ya, hanya berupa kaca yang biasa dipakai pada interior dan eksterior rumah. Kanopi kaca biasa digunakan untuk perkantoran, hotel, hingga mall. Jenis kanopi ini umumnya sulit dibedakan dengan kaca akrilik, namun keduanya tetap memiliki perbedaan mendasar. 

2. Kanopi Kaca Akrilik

Jenis Kanopi Kaca Minimalis dari Aklirik

Kanopi kaca akrilik / Acrylic adalah jenis kanopi kaca selanjutnya yang sulit dibedakan dengan jenis sebelumnya. Tampilan dari kedua jenis kanopi ini memanglah sama. Satu perbedaan yang membedakan kanopi kaca dengan kanopi kaca akrilik adalah kanopi yang menggunakan akrilik ini sangat tembus pandang atau transparan.

Kanopi kaca bila semakin tebal akan semakin sedikit penyerapan cahayanya, sifatnya juga akan semakin sedikit buram. Sedangkan pada bahan akrilik ini, setebal apapun ketebalannya tetap akan transparan dan tidak buram. Tebal tipisnya kaca akrilik pada kanopi ini tidak memengaruhi daya serap cahaya.

3. Kanopi Kaca Tempered

Kanopi kaca tempered sebenarnya juga mirip dengan kanopi kaca asli. Kanopi kaca tempered ini disusun di atas hollow atau baja ringan kemudian sebagai atapnya diberikan kaca tempered. 

Kanopi kaca yang menggunakan tempered cukup tahan terhadap sinar panas matahari. Kanopi kaca ini lebih tahan dibanding kanopi kaca biasa, namun tidak lebih tahan panas dibanding kanopi kaca sandblast.

4. Kanopi Kaca Sandblast

Jenis Kanopi Kaca Minimalis dari Sandblast

Kanopi kaca sandblast adalah kanopi kaca yang dilapisi dengan lapisan warna atau lapisan kaca film. Pada hasil akhirnya, kaca yang digunakan untuk kanopi tidak terlihat bening, melainkan terlihat seperti buram es.

Kanopi jenis ini dinilai paling mahal. Pasalnya, lapisan kaca film yang melapisinya mampu menahan sinar matahari sehingga apa yang ada di bawahnya lebih teduh dibanding kanopi kaca lainnya.

Informasi Lain Tentang Kanopi Kaca

Jenis Kanopi Kaca Minimalis memang hadir dengan berbagai macam, pembeda dari masing-masing jenis tersebut tak lain adalah bahan kaca lebih spesifik serta lapisan yang melapisinya. Harga kanopi kaca bervarian karena material atau material yang melapisinya. Kanopi kaca sandblast yang dilapisi dengan lapisan khusus berupa kaca film warna es dinilai menjadi jenis kanopi kaca yang paling mahal dibanding lainnya. 

Kanopi kaca dengan tempered dan kanopi kaca dengan akrilik memiliki harga yang selisihnya sedikit. Dua macam kanopi ini memiliki harga jual yang lebih besar daripada kanopi kaca biasa. Seperti sifatnya, kanopi kaca memang bisa menahan panas matahari. Namun ketahanan dari jenis kanopi ini tidak lebih besar dibanding kanopi kaca yang diberi lapisan, baik itu sandblast maupun tempered.

Anda bisa menggunakan kanopi kaca sesuai budget dan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin benar-benar melindungi apa yang di bawah kanopi, maka pilih saja kanopi kaca sandblast. Namun jika apa yang di bawah kanopi tidak terlalu harus dilindungi, maka anda bisa memilih kanopi yang terjangkau saja, yaitu kanopi kaca atau kanopi kaca tempered. Dengan kanopi kaca akrilik, Anda bisa bebas memilih ketebalannya dan tetap sama ketahanannya terhadap panas matahari.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Jenis Kanopi Kaca Minimalis Dengan keunggulannya. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *